Blog

buah yang bagus untuk ibu hamil

6 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi, seperti vitamin C, asam folat, beta-karoten, serat, dan kalium. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung kesehatannya dan perkembangan janin. Apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil?

Sebagai salah satu sumber nutrisi selama kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah secara rutin. Namun, mungkin ibu hamil bingung, buah apa saja yang baik untuk dikonsumsi?

Berikut beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil.

1. Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C dan A di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah munculnya komplikasi pada janin. Dengan mengonsumsi satu mangkuk mangga per hari, ibu hamil sudah memenuhi asupan vitamin C harian yang disarankan.

2. Apel

Apel mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, dan kalium, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi apel secara rutin bisa menurunkan risiko terjadinya asma dan alergi pada bayi.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan asam folat, bahkan lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, dan magnesium. Mengonsumsi alpukat selama kehamilan dapat mendukung perkembangan otak janin dan mengurangi risiko terjadinya berbagai keluhan, seperti morning sickness dan kaki kram.

4. Jeruk

Kaya akan vitamin C, asam folat, dan serat, membuat jeruk sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil secara rutin. Kandungan vitamin C dalam jeruk bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Selain itu, jeruk tinggi akan kandungan air, sehingga bisa menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi selama kehamilan.

5. Nanas

Ada anggapan bahwa nanas perlu dihindari oleh ibu hamil, karena bisa menyebabkan perdarahan dan keguguran. Anggapan tersebut mungkin muncul karena kandungan enzim bromelain dalam nanas yang memang bisa memicu kontraksi jika dikonsumsi terlalu banyak, namun tidak sampai memicu persalinan. Faktanya, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa nanas membahayakan kehamilan. Bahkan, nanas kaya akan vitamin C, vitamin B6, zat besi, asam folat, dan magnesium yang baik untuk kehamilan dan janin. Namun, hindari mengonsumsi nanas berlebihan.

6. Buah kering

Buah kering bisa dijadikan sebagai camilan sehat dan praktis untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah kering dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih yang umumnya dialami ibu hamil. Beberapa jenis buah kering yang disarankan, yaitu beragam jenis beri, kurma, dan jujube.

Selain beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil di atas, buah yang disarankan lainnya adalah melon, pir, dan manggis. Namun, sebelum mengonsumsi buah-buahan, pastikan ibu hamil sudah mencucinya dengan bersih. Caranya, gosok permukaan buah dengan sikat dan air mengalir selama beberapa saat. Jika ibu hamil merasa mengonsumsi buah-buahan belum cukup dałam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai sumber nutrisi lainnya dan jumlah asupan yang dibutuhkan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout