Blog

Berikut lima bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gejala penyakit maag:

5 Obat Maag Alami

Maag adalah kondisi tergangggunya sistem pencernaan yang disebabkan oleh produksi asam lambung berlebihan. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja dan membuat aktivitas sehari-hari tidak nyaman. Selain menerapkan pola hidup sehat, obat maag alami juga bisa digunakan untuk mengurangi gejalanya.

Selain pola hidup tidak sehat, maag juga disebabkan oleh stres, merokok, dan minum minuman beralkohol secara berlebihan. Jika maag tergolong parah, biasanya muncul rasa sakit yang menyakitkan dan memberi sensasi panas di perut. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba, salah satunya menggunakan beberapa pilihan obat maag alami berikut.

Berikut lima bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gejala penyakit maag:

1. Madu dan lemon

Madu memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, serta efektif membunuh bakteri. Sedangkan, lemon memiliki sifat asam yang dapat melindungi lambung. Lemon yang dicampurkan dengan air sesuai dosis yang dianjurkan bermanfaat untuk menyeimbangkan kandungan asam klorida dalam lapisan lambung yang bisa menyebabkan peradangan.

Untuk mendapatkan manfaat madu dan lemon untuk mengobati maag, konsumsi honey-lemon shot setiap pagi, ketika perut masih kosong. Dosis yang dianjurkan adalah 1 sendok makan madu, 1 sendok teh lemon, dan air hangat. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaat pada lambung dan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

2. Oatmeal

Tidak hanya baik untuk diet, kandungan serat dan mineral dalam oatmeal berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, kadar alkali dalam oatmeal bermanfaat untuk mengatasi peradangan di lambung. Untuk hasil yang optimal, jadikan oatmeal sebagai sarapan setiap pagi. Agar lebih nikmat, Anda bisa mencampur oatmeal dengan susu dan buah-buahan yang tidak bersifat asam, seperti apel dan pisang.

3. Jus air kentang

Kandungan garam alkali dalam jus air kentang membuatnya baik dikonsumsi untuk mengatasi gejala penyakit maag secara alami. Kandungan tersebut akan bereaksi dengan asam lambung berlebih dan meredakan peradangan pada lapisan lambung.

Caranya, siapkan 2 kentang, cuci hingga bersih, kemudian parut dan peras air jus dari hasil parutan. Setelah itu, sajikan sebanyak setengah gelas, lalu campur dengan air hangat, minum setidaknya 30 menit sebelum makan. Agar hasilnya optimal, minum jus air kentang dua kali sehari.

4. Yogurt

Yogurt juga bisa Anda gunakan untuk mengobati maag secara efektif. Kandungan probiotik dalam yogurt berfungsi untuk mengobati iritasi atau luka dalam lambung dan membunuh bakteri yang menyebabkan maag. 

Selain, itu mengonsumsi yogurt juga dapat melancarkan pencernaan. Agar tidak bosan dengan rasanya, konsumsi yogurt dengan campuran berbagai bahan-bahan lainnya, seperti buah-buahan, granola bar, dan oatmeal. Konsumsi setiap hari untuk hasil yang optimal.

5. Sari lidah buaya

Lidah buaya selama ini digunakan untuk merawat rambut dan kulit. Namun, ternyata lidah buaya juga bisa dimaanfaatkan sebagai obat maag alami. Kandungan dalam lidah buaya bermanfaat untuk mengurangi iritasi pada lambung, mengurangi pembengkakan pada lapisan lambung, dan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi.

Caranya, siapkan 2 sendok teh gel lidah buaya segar dan satu gelas air putih, campurkan kedua bahan tersebut, kemudian minum dalam dosis satu hingga dua gelas setiap harinya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout