Blog

manfaat wortel

5 Manfaat Wortel yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Ingin memulai gaya hidup sehat? Rutin mengonsumsi wortel adalah salah satu cara yang tepat. Selain rasanya enak dan bisa dimakan sesuai selera, seperti direbus, digoreng, dibuat jus, atau campuran puding, manfaat wortel juga penting untuk tubuh manusia. 

Wortel kaya akan vitamin dan nutrisi, seperti serat, vitamin A, vitamin B, vitamin K, mineral, serat, kalium, filat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E, dan kaya akan antioksidan. Semua kandungan tersebut diperlukan untuk memenuhi asupan gizi setiap dari, sehingga dapat menunjang aktivitas Anda. Berikut 10 manfaat wortel yang penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan Anda.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ini paling banyak dikenal oleh masyarakat karena wortel kaya akan vitamin A yang penting untuk mata. Wortel juga mengandung lutein yang berfungsi sebagai antioksidan yang meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, kandungan karoten yang terdapat pada wortel bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah.

2. Membuat Kulit Lebih Lembut dan Bersih

Anda memiliki kulit berminyak? Kulit berminyak cenderung membuat wajah terlihat kusam yang dapat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. Dengan mengonsumsi jus wortel setiap hari, Anda dapat menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan bebas minyak. Hal ini dibuktikan melalui penelitian di bidang kesehatan yang menyatakan adanya khasiat wortel untuk membuat kulit seseorang terlihat lebih sehat dan menarik. Penelitian itu menemukan bahwa khasiat tersebut berasal dari pigmen kuning dalam wortel, yang disebut karotenoid. Karotenoid berfungsi untuk memberikan rona pada wajah dan membuat kulit lebih cerah dan bersinar.

3. Melancarkan Pencernaan

Sebagai sumber serat yang baik, wortel sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi secara rutin. Kandungan serat yang tinggi dalam wortel memiliki beberapa manfaat, antara lain melancarkan pencernaan, membantu mengatur gerakan usus, mengatasi sembelit dan refluks asam. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam wortel bahkan dapat membantu mencegah kenaikan gula dalam darah dan menurunkan berat badan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi pengidap jantung atau yang tidak, rutin mengonsumsi wortel dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada wortel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, seperti vitamin A, kalsium, fosfor, beta karoten, dan zat antioksidan. Zat antioksidan dalam wortel berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang berdampak positif untuk kesehatan jantung. Bahkan menurut peneliti, Ian Stephen, seseorang yang rutin mengonsumsi jus wortel selama dua bulan memperlihatkan hasil yang signifikan terhadap kesehatan jantung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong siapa saja yang tidak gemar makan sayuran untuk mulai mengonsumsinya secara rutin dan memasukan wortel ke dalam menu sehat Anda setiap hari.

5. Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Tahukah Anda, dalam 100 gram wortel, setidaknya terdapat 300 gram kalium. Kalium yang terkandung dalam wortel berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan menyeimbangkan kadar garam (natrium) dan cairan tubuh, sehingga dapat mengendalikan tekanan darah. Selain itu, rutin mengonsumsi jus wortel juga dapat mengendalikan kadar kolesterol bagi Anda yang sering mengonsumsi makanan yang asin. 

Selama pandemi, menjaga kesehatan adalah hal yang penting. Pastikan Anda dan keluarga terlindungi dengan asupan gizi yang lengkap seperti wortel.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout