Blog

tentang manfaat tomat untuk wajah

5 Manfaat Tomat untuk Wajah: Mencegah Penuaan Dini Hingga Mencerahkan

Manfaat tomat untuk wajah dan kulit sudah dikenal sejak lama. Hal ini dikarenakan tomat mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan wajah dan kulit, yaitu antioksidan dan vitamin C. Selain itu, tomat juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium.

Masker tomat adalah salah satu cara yang banyak digunakan untuk mendapatkan manfaat tomat. Namun demikian, ada beberapa cara lain untuk mendapatkan manfaat tomat, seperti dikonsumsi dalam bentuk jus atau dibuat dalam bentuk scrub. Berikut 5 manfaat tomat untuk wajah yang perlu untuk Anda ketahui.

Melembapkan Kulit

Tomat dipercaya dapat membantu kulit menjadi lebih lembap. Salah satunya dengan mengoleskan masker tomat atau mengaplikasikan irisan buahnya secara langsung ke bagian kulit yang kering. Manfaat ini dihasilkan dari kandungan kalium dalam tomat yang tinggi. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Dermatological Science menemukan bahwa kandungan kalium dalam tomat berperan dalam mengatasi kulit kering pada penderita dermatitis atopik. Namun, untuk membuktikan efektivitas manfaat tomat untuk wajah lembap, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Mengurangi Peradangan Kulit

Tomat memiliki banyak kandungan yang bersifat antiradang, seperti beta-karoten, likopen, lutein, vitamin C, dan vitamin E. Semua kandungan tersebut berperan besar dalam membantu mengurangi peradangan kulit, sehingga meredakan inflamasi dan iritasi kulit. Namun, efektivitas manfaat tomat dengan cara mengoleskan ke kulit secara langsung masih diperlukan penelitian lebih lanjut

Mencegah Wajah Berminyak

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tomat adalah menggunakannya sebagai toner. Toner wajah dari tomat berkhasiat untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan sekaligus menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah lebih lama. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu campurkan jus tomat dengan mentimun segar. Kemudian, aplikasikan toner yang terbuat dari campuran tersebut ke wajah secara merata dengan menggunakan kapas pembersih.

Mencegah Penuaan Dini

Selain dijadikan masker wajah, manfaat tomat untuk wajah juga bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya dalam bentuk jus. Mengonsumsi jus tomat dipercaya bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B9, yang berfungsi untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dini pada wajah. 

Mengangkat Sel Kulit Mati

Tomat juga dipercaya bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Manfaat tersebut diyakini berasal dari enzim dalam tomat yang dapat mengeksfoliasi sel kulit mati, sehingga membuat kulit wajah terlihat lebih sehat dan cerah. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa membuat scrub sendiri di rumah. Caranya, campurkan tomat yang telah dihaluskan dengan gula pasir, kemudian aplikasikan scrub tersebut ke permukaan kulit tubuh. Namun, sebaiknya hindari penggunaan scrub di kulit wajah. Hal ini dikarenakan butiran gula pasir pada scrub berisiko menimbulkan cedera pada kulit wajah yang cenderung lebih tipis dari kulit tubuh.

Semua manfaat di atas memang telah dirasakan oleh banyak orang. Namun, untuk membuktikan efektivitas manfaatnya untuk kulit wajah, masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Sebelum menggunakan tomat untuk kulit wajah, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan kulit tertentu. Hal ini untuk menghindari efek samping yang membahayakan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout