Blog

manfaat minyak zaitun

5 Manfaat Minyak Zaitun: Cegah Kanker Hingga Jaga Berat Badan

Minyak zaitun sejak lama dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan. Berkat kandungan nutrisinya yang lengkap, manfaat minyak zaitun sangat beragam. Mulai dari menurunkan tekanan darah hingga digunakan untuk mengolah makanan atau campuran bahan makanan.

Minyak zaitun merupakan jenis minyak alami yang diekstrasi dari buah zaitun. Minyak zaitun dibagi menjadi 3 varian berdasarkan proses ekstrasi dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light). Untuk mengenal manfaat minyak zaitun, mari simak kandungan nutrisinya berikut.

Nutrisi Lengkap dan Kaya Manfaat

Minyak zaitun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mencegah risiko berbagai penyakit hingga merawat kecantikan kulit dan wajah. Hal ini dikarenakan dalam 1 sendok makan minyak zaitun kaya akan kandungan nutrisi berikut:

  1. 8 mikrogram vitamin K
  2. 120 kalori
  3. 13,5 – 14 gram lemak
  4. 1,9 miligram vitamin E
  5. 0,1 kalsium
  6. 0,1 kalium
  7. 0.3 natrium

Perlu Anda ketahui, kandungan lemak dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti omega 3, omega 6, asam oleat, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan kolin dan antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid.

Beragam Manfaat Minyak Zaitun

Sebagai minyak sehat yang kaya nutrisi, minyak zaitun mengandung beragam kandungan nutrisi. Beragam nutrisi tersebut membuat minyak zaitun memiliki banyak manfaat, antara lain:

  1. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan minyak zaitun tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, sehingga dapat mencegah penumpukan kolesterol yang memicu serangan jantung dan stroke. Selain itu, kandungan antioksidan dalam minyak zaitun memiliki manfaat untuk mencegah risiko penyakit jantung.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan antioksidan dan asam lemak sehat dalam minyak zaitun bermanfaat untuk membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kurang lebih 4 sendok makan minyak zaitun per hari, memiliki tekanan darah yang stabil.

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Rutin mengonsumsi minyak zaitun efektif untuk mencegah risiko penyakit kanker. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun memiliki banyak manfaat, seperti mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Menjaga Berat Badan

Kabar baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Sebagai minyak yang tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol, mengonsumsi minyak zaitun secara rutin sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal, serta mencegah obesitas. Untuk hasil yang lebih efektif, lengkapi juga dengan rutin berolahraga dan menjalani pola makan sehat.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi, mengonsumsi minyak zaitun secara rutin sangat dianjurkan. Kandungan lemak sehat, seperti omega 3, omega 6, asam oleat, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda dalam minyak zaitun efektif untuk menurunkan kadar kolesterol (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Meski minyak zaitun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Selain itu, minyak zaitun juga baik dikonsumsi oleh anak-anak, serta ibu hamil dan menyusui, karena kandungan nutrisinya yang lengkap.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout