Blog

Manfaat Lidah Buaya

5 Manfaat Lidah Buaya: Percantik Kulit Hingga Sembuhkan Luka Bakar

Lidah buaya atau aloe vera sejak lama dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan rambut dan kulit. Namun, manfaat lidah buaya juga termasuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit kulit hingga sembelit.

Kandungan nutrisi yang lengkap menjadikan lidah buaya sering dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk berbagai produk kecantikan, baik wajah atau rambut. Selain itu, Anda juga perlu mengenal manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

Kandungan nutrisi dalam lidah buaya sebagian besar bersumber dari gel lendirnya. Gel lidah buaya mengandung sekitar 98,5% air dengan 1,5% mengandung vitamin, mineral, enzim, polisakarida, senyawa polipakarida, dan asam organik. Kandungan nutrisi lidah buaya yang utama, antara lain vitamin A, vitamin C, E, zat besi, zinc, sodium, kalsium, kalium, kromium, magnesium, flavonoid, dan fenol.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya bermanfaat sebagai pembentuk antioksidan alami. Antioksidan alami tersebut berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, penyakit degeneratif, hingga serangan jantung. Berikut 5 manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengatasi Kulit Kering

Mungkin Anda sering mendengar fungsi lidah buaya untuk kesehatan rambut. Namun, ternyata lidah buaya juga bemanfaat untuk kesehatan rambut. Kandungan mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E, dalam lidah buaya bermanfaat untuk memperkuat lapisan pelindung kulit, sehingga dapat mengatasi kulit kering.

  1. Mengatasi Jerawat

Jika Anda bermasalah dengan jerawat, Anda bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung asam salisilat dan senyawa antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Penelitian juga menemukan bahwa mengoleskan gel lidah buaya secara rutin, bersamaan dengan obat antijerawat lainnya, mampu mengurangi jerawat sekitar 35%.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tahukah Anda, lidah buaya ternyata ampuh untuk menyembuhkan luka. Penelitian menemukan bahwa mengoleskan gel lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar ringan. Bahkan, penelitian lain menunjukkan bahwa efektivitas lidah buaya dalam penyembuhan luka lebih tinggi dibandingkan salep yang biasa diresepkan.

  1. Mengatasi Gatal dan Ruam Kronis

Anda mengalami rasa gatal di kulit dan mulut akibat peradangan? Anda dapat memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasinya. Menurut penelitian, menggunakan obat kumur yang mengandung lidah buaya 3 kali sehari selama 3 bulan efektif dalam mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Untuk hasil yang sama pada kulit, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya 2 kali sehari selama 2 bulan.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Suatu penelitian menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah pengidap diabetes tipe 2. Namun, Anda perlu berhati-hati jika penggunaannya bersamaan dengan obat diabetes lainnya. Hal ini dikarenakan kombinasi lidah buaya dan obat diabetes lainnya akan mengakibatkan glukosa darah turun dalam jumlah tinggi sehingga justru membahayakan kesehatan.

Sejauh ini penggunaan lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan masih tergolong aman. Namun, Anda perlu mengantisipasi risiko jika terjadi alergi dan pastikan produk lidah buaya yang Anda gunakan memiliki izin dari BPOM. Jika Anda ingin menggunakan lidah buaya sebagai pengobatan alternatif atau pengobatan tambahan selain obat dokter, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout