Blog

manfaat cuka apel

5 Manfaat Cuka Apel, Tingkatkan Imun Tubuh Hingga Turunkan Berat Badan

Bagi Anda yang suka memasak, manfaat cuka apel tentunya tidak asing lagi karena kerap dijadikan pelengkap masakan. Cuka apel merupakan fermentasi dari apel yang dihancurkan dan memiliki banyak kandungan, seperti asem asetat, asam gallic, katekin, asam folat, fosfor, vitamin A, vitamin B, potassium, kalsium, dan magnesium. 

Namun, tahukah Anda, ternyata cuka apel juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam kehidupan manusia. Berkat kandungannya yang kaya akan gizi, berikut 5 manfaat cuka apel yang penting untuk kesehatan dan kecantikan. 

1. Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Salah satu manfaat cuka apel adalah mencegah kadar gula dalam darah melonjak tiba-tiba setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Manfaat ini sangat penting bagi pengidap diabetes, karena dapat menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal ini juga diperkuat melalui penelitian yang dirilis oleh International Journal of Health Sciences yang menemukan bahwa cuka apel dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 19-34%, terutama jika Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda sedang dalam program diet? Sebelum mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, tambahkan cuka apel untuk meningkatkan rasa kenyang. Menurut beberapa penelitian, kandungan dalam cuka apel memberikan efek rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi nafsu makan dan menyebabkan berat badan menurun. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda perlu mengimbanginya dengan pola makan yang baik dan berolahraga. 

3. Penambah Rasa Berbagai Makanan

Ingin menambah kesegaran pada sayur dan buah Anda? Coba manfaatkan cuka apel. Dengan menambahkan cuka apel sebagai bahan campuran dressing salad, sayur dan buah Anda akan terasa lebih segar. Tidak hanya itu, cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tekstur daging lebih lembut dengan cara menambahkan seperempat cangkir cuka apel pada bumbu marinasi daging. 

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Ada satu kandungan ajaib dalam cuka apel yang kerap dijadikan sebagai salah satu unsur dalam produk kosmetik dan kecantikan, yaitu Alpha Hydroxy Acid atau AHA. AHA adalah senyawa kimia yang memiliki beberapa manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah. Antara lain, dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, mempercepat pembentukan sel-sel kulit baru yang sehat, membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersinar, menghilangkan bekas jerawat pada kulit secara perlahan, mengecilkan pori-pori kulit, dan memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang mencerahkan kulit wajah. Selain itu, lapisan asam pada cuka apel juga bermanfaat untuk merawat kulit wajah yang kering atau berminyak.  

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Ingin tetap sehat dan bertenaga selama pandemi? Konsumsi cuka apel yang mengandung berbagai manfaat untuk imun tubuh. Antara lain, asam yang berfungsi untuk menghancurkan virus, kuman, dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh, sehingga mencegah berbagai penyakit berkembang, serta vitamin C dan serat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah flu. Selain itu, cuka apel juga mengandung prebiotik dan bakteri menguntungkan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan zat antibakteri yang berfungsi melawan patogen yang memicu infeksi dalam tubuh.

Nah, itulah 5 manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang, salah satunya dengan mengonsumsi cuka apel.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout