Blog

manfaat air kelapa

5 Manfaat Air Kelapa, Ampuh Cegah Penyakit Jantung

Air kelapa adalah salah satu jenis minuman yang banyak dipilih untuk melepas dahaga saat cuaca panas. Tidak hanya menyegarkan, namun manfaat air kelapa ternyata juga penting untuk kesehatan tubuh.

Air kelapa mengandung beragam nutrisi yang penting, seperti vitamin, protein, dan antioksidan. Beberapa manfaat air kelapa, antara lain mengatasi gejala dehidrasi ringan dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Sebelum mengenal manfaat air kelapa, mari simak nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya.

Kandungan Nutrisi Air Kelapa

Air kelapa memiliki beragam manfaat, mulai dari menghilangkan dahaga hingga mencegah berbagai penyakit. Dalam 1 cangkir atau 240 ml air kelapa murni, terkandung beragam nutrisi, antara lain:

  1. Karbohidrat
  2. Serat
  3. Protein
  4. Vitamin C
  5. Antioksidan
  6. Mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Dengan rasa yang segar dan khas, air kelapa menjadi minuman favorit banyak orang. Namun, di balik kesegarannya, air kelapa juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam air kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh, sehingga mengakibatkan berbagai penyakit. Namun, manfaat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Mencegah Dehidrasi

Jika Anda mengalami dehidrasi ringan, mengonsumsi air kelapa secara rutin ternyata dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda yang hilang. Namun, agar dehidrasi bisa hilang secara optimal, Anda tetap dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Efek menyegarkan dari air kelapa memang berkhasiat untuk menghilangkan dahaga. Namun, ternyata air kelapa juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam air kelapa berfungsi untuk menghasilkan energi. Energi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Rutin mengonsumsi air kelapa ternyata bermanfaat untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan dalam air kelapa memiliki efek menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, maka dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu pemicu risiko serangan jantung.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa mengandung kalium yang terbukti bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi penderita darah tinggi, mengonsumsi air kelapa secara rutin berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah, sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil. Namun, efektivitas air kelapa untuk manfaat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Cara Mengonsumsi Air Kelapa Secara Efektif

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa secara optimal, sebaiknya konsumsi air kelapa murni, tanpa tambahan gula atau pemanis buatan. Namun, jika Anda mengonsumsi air kelapa kemasan, pastikan kemasan tidak rusak dan cek kandungan nutrisi di dalamnya. Hal ini untuk menghindari konsumsi kandungan gula berlebihan yang tidak baik untuk kesehatan. Untuk menjaga kesegarannya, Anda bisa menyimpan air kelapa kemasan di dalam kulkas. Jika Anda membukanya, segera habiskan air kelapa kemasan tersebut dalam waktu 24 jam. 

Jika Anda mengalami beberapa keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti sakit perut, diare, mual, atau muntah, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout