Blog

Makanan yang Mengandung Vitamin

5 Khasiat Luar Biasa Makanan yang Mengandung Vitamin A

Untuk memenuhi asupan gizi harian, manusia membutuhkan berbagai nutrisi. Salah satunya adalah vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, kulit, sistem imun tubuh, melindungi jantung, dan mencegah kanker. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A, antara lain telur, susu, ikan makarel atau salmon, hati ayam, keju, hingga brokoli. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan dan lemahnya imun tubuh.

Menurut Kementerian Kesehatan dalam Angka Kebutuhan Gizi (AKG) harian, orang dewasa berusia di atas 19 tahun perlu memenuhi asupan vitamin A sebanyak 700 mikrogram per hari. Nah, apa saja manfaat Makanan yang Mengandung Vitamin A? Berikut 5 di antaranya.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat yang pertama ini merupakan yang paling dikenal oleh masyarakat. Hal ini tidak mengherankan karena vitamin A memiliki nama lain, yaitu retinol. Retinol berfungsi untuk mengubah cahaya yang ditangkap oleh mata menjadi impuls listrik menuju otak. Selain itu, di dalam vitamin A terkandung antioksidan yang berperan penting untuk pembentukan fotoreseptor rhodopsin. Fotoreseptor rhodopsin merupakan fotopigmen yang terdapat pada sel batang retina dan berfungsi untuk membantu penglihatan Anda di malam hari. Sebaliknya, jika kekurangan vitamin A, maka akan memicu risiko terjadinya rabun senja karena kekurangan fotopigmen yang penting untuk mata. 

2. Memperkuat Imun Tubuh

Vitamin A juga berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Fungsi tersebut, antara lain membantu produksi dan fungsi sel darah putih, meningkatkan respons antibodi, menjaga serat dalam memulihkan fungsi permukaan mukosa, dan meningkatkan sistem pencernaan. Jika tubuh kekurangan vitamin A, maka akan rentan terhadap serangan virus atau bakteri, sehingga menyebabkan penyakit yang membutuhkan penyembuhan yang lama.

3. Membantu Pertumbuhan Janin

Asupan vitamin A yang cukup sangat penting untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan vitamin A mengandung asam retinol yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan embrio selama kehamilan. Selain itu, manfaat vitamin A lainnya untuk ibu hamil, antara lain mengurangi risiko penyakit paru-paru kronis pada bayi prematur, melengkapi struktur tubuh janin, seperti ginjal, mata, dan jantung, serta mencegah adanya gangguan terhadap fungsi organ pada janin.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam vitamin A memiliki khasiat luar biasa untuk menjaga kesehatan kulit. Antara lain, melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, memperlambat penuaan sel sehingga menjaga kulit tetap kencang, mengurangi kecepatan sel kulit lepas, serta mencegah penyumbatan pori-pori dan jerawat, karena vitamin A mampu menjaga kadar keratin tetap seimbang. Khasiat tersebut bahkan dibuktikan dalam penelitian dari Journal of the American Academy of Dermatology, yang menemukan bahwa isotretinoin dalam vitamin A mampu mengatasi jerawat yang parah.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kalsium dan vitamin D, vitamin A ternyata juga berkontribusi besar dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan tulang dan mengatasi kondisi tulang yang parah. Hal ini diperkuat oleh penelitian dari International Journal of Environmental Research and Public Health yang menyatakan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin A memiliki risiko mengalami patah tulang lebih tinggi dibandingkan orang yang dapat memenuhi asupan vitamin A dengan baik. Namun, sebaiknya Anda jangan kelebihan vitamin A, karena beta karoten yang terkandung dalam vitamin A dapat memperburuk kondisi patah tulang.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout