Blog

cara mengobati anosmia secara alami

5 Cara Mengobati Anosmia Secara Alami

Anosmia merupakan kondisi di mana hidung tidak dapat mencium bau atau kehilangan indra penciuman. Kondisi ini dapat bersifat sementara atau bahkan permanen. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengobati anosmia secara alami yang bisa Anda coba.

Meski bisa sembuh tanpa pengobatan, namun Anda bisa melakukan beberapa cara alami untuk menyembuhkannya. Untuk melakukan cara mengobati anosmia secara alami, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut beberapa di antaranya:

1. Melatih indra penciuman dengan aroma

Cara mengobati anosmia secara alami yang pertama adalah mencium empat aroma yang sama setiap hari. Untuk mencoba melatih penciuman, Anda dianjurkan untuk menghirup beberapa aroma, seperti serbuk kopi, jeruk, minyak kayu putih, daun mint, cengkeh, vanilla, dan mawar. Selama melatih penciuman, Anda mungkin akan mencium aroma aneh yang tidak sesuai dengan aroma yang Anda cium, misalnya menghirup bau busuk seperti karet terbakar. Kondisi ini disebut dengan parosmia. Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini berlangsung selama beberapa minggu, namun biasanya bersifat sementara.

2. Jahe rimpang

Dengan aroma khas dan menyengat, jahe bisa digunakan sebagai cara mengobati anosmia secara alami. Anda dapat menggunakan jahe dalam bentuk serbuk atau yang masih segar untuk mengembalikan penciuman. Jahe memiliki manfaat untuk membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan dan mengurangi produksi lendir berlebih yang menyumbat saluran hidung, yang merupakan penyebab hilangnya penciuman. Caranya, siapkan segelas air panas, masukkan teh celup jahe yang bisa dibeli di supermarket. Jika Anda ingin membuat teh dari jahe yang masih segar, caranya kupas dan potong jahe mentah, lalu seduh satu sendok makan potongan jahe mentah dalam dua cangkir air panas. Diamkan selama sekitar 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin hingga anosmia menghilang.

3. Bawang putih

Kandungan asam risinoleat aktif dalam bawang putih memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung. Selain itu, kandungan sifat antibakteri dalam bawang putih juga dapat menambah khasiat yang dapat membantu membersihkan dahak dari hidung dan memperlebar saluran hidung yang memudahkan pernapasan. Caranya, hancurkan 4-5 siung bawang putih, lalu rebus dalam secangkir air selama 2 menit, tambahkan sedikit garam. Setelah itu, minum ramuan tersebut saat masih panas sebanyak dua kali sehari untuk mengembalikan indra penciuman.

4. Lemon

Cara mengobati anosmia secara alami berikutnya adalah lemon. Kandungan vitamin C, antioksidan, dan sifat antimikroba yang tinggi dalam lemon berperan penting dalam mengobati infeksi yang menyebabkan endapan lendir berlebih di saluran hidung disertai dengan hidung tersumbat dan berair. Caranya, peras satu lemon untuk mendapatkan airnya, kemudian campur air lemon ke dalam segelas air hangat, tambahkan satu sendok teh madu, minum teh lemon tersebut dua kali sehari untuk meredakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

5. Daun mint

Daun mint mengandung konstituen bio-aktif yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflmasi. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam mengurangi gejala batuk dan flu yang menyebabkan hidung tersumbat, tenggorokan, dan rongga dada. Caranya, rebus 10-15 lembar daun mint dalam secangkir air hingga mendidih, kemudian saring untuk memisahkan air rebusan dan daun mint. Setelah itu, campurkan satu sendok madu dan aduk. Minum teh tersebut hingga anosmia menghilang.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout