Blog

cara menghilangkan mata panda

5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Seiring bertambahnya usia, jaringan di sekitar mata melemah secara bertahap. Kondisi ini memungkinkan lemak bergeser ke depan kelopak mata bawah dan membuatnya terlihat bengkak atau yang disebut sebagai mata panda. Bagaimana cara menghilangkan mata panda?

Mata panda disebabkan oleh cairan yang menggenang di area mata. Munculnya mata panda sering kali menjadi masalah yang mengganggu penampilan. Apa penyebab dan cara menghilangkan mata panda secara alami? Simak penjelasan berikut.

Penyebab Mata Panda

Dikutip dari American Academy of Ophthalmology, berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan mata panda:

  • Merokok.
  • Kurang tidur.
  • Genetik keluarga.
  • Cairan penahan (sering kali setelah bangun tidur atau setelah makan makanan asin).
  • Alergi.

Meski sering mengganggu penampilan, namun mata panda umumnya tidak berbahaya dan tidak perlu mendapatkan penanganan medis.

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Bahan-bahan alami bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda. Berikut beberapa di antaranya:

1. Masker mentimun

Masker mentimun dipercaya cukup efektif untuk menghilangkan mata panda. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki sifat astringent yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah pada lapisan permukaan kulit. Caranya, ambil dua irisan mentimun yang telah disimpan di lemari pendingin sebelumnya dan cukup taruh di bawah mata selama 20 menit. Lakukan secara rutin, 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

2. Irisan kentang

Kentang sejak lama dikenal bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan asam sitrat dan asam fosfat dalam kentang berfungsi untuk mencegah penuaan dini, kerutan, hingga mengurangi tampilan mata panda. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru. Caranya cukup mudah, yaitu iris kentang, lalu letakkan pada area di bawah mata selama 15 menit. Untuk hasil yang optimal, Anda juga bisa menghaluskan campuran kentang dan mentimun untuk dijadikan masker.

3. Bengkuang

Selain lezat untuk dikonsumsi, bengkuang ternyata juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan mata panda. Hal ini dikarenakan bengkuang mengandung vitamin C dan vitamin B1 yang berfungsi untuk mencerahkan kulit secara alami. Caranya, parut bengkuang secukupnya hingga benar-benar halus. Setelah itu, oleskan pada area mata panda dan diamkan selama 15 menit. Jangan lupa bilas dengan air bersih.

4. Minyak zaitun

Cara menghilangkan mata panda yang cukup efektif lainnya adalah minyak zaitun. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E dalam minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya, taruh sedikit dalam mangkuk, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan aduk hingga merata. Basahkan cotton pad dengan campuran tersebut, lalu tempelkan pada area mata selama 25 menit. Tekan-tekan perlahan agar semakin meresap.

5. Putih telur

Menggunakan putih telur juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda lainnya. Telur dikenal sebagai sumber protein hewani yang cukup tinggi, sehingga dapat mengencangkan kulit secara alami. Pilih bagian putih telurnya saja, lalu kocok terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada area mata panda dan diamkan selama 20 hingga 25 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

Jika mata panda bertambah hitam setelah melakukan berbagai cara di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout