Blog

cara menghilangkan karang gigi

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi

Siapa yang tidak ingin memiliki senyum yang indah dengan gigi putih dan sehat? Dengan memiliki gigi yang putih dan sehat, maka penampilan seseorang akan menjadi lebih menarik. Namun, apa jadinya jika kebersihan gigi tidak dijaga dan muncul masalah kesehatan gigi, seperti karang gigi? Tentunya, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan karang gigi dengan benar. Sebelum membahas karang gigi lebih dalam, mari kita memahami apa itu karang gigi.

Karang gigi muncul dari sisa-sisa makanan dan minuman yang tidak dibersihkan dengan baik dan teratur, sehingga membentuk plak gigi. Jika hal ini dibiarkan, maka akan muncul berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti radang gusi. Selain itu, gigi akan terlihat kotor dan tidak sehat, sehingga berpengaruh pada penampilan dan kepercayaan diri. Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 cara menghilangkan karang gigi yang bisa langsung Anda lakukan di rumah, tanpa perlu ke dokter gigi. Yuk cek satu per satu.

1. Menggunakan Baking Soda  

Ingin menghilangkan karang gigi secara ampuh hanya di rumah saja? Gunakan pasta gigi yang mengandung baking soda. Hal ini dibuktikan melalui Journal of Clinical Dentistry yang menemukan bahwa kandungan baking soda yang terdapat pada pasta gigi mampu mencegah tumbuhnya kembali karang gigi dan membuat gigi semakin putih, kuat, dan cemerlang.

2. Sikat Gigi dengan Benar

Untuk memastikan kebersihan dan kesehatan gigi, rutin menyikat gigi saja tidak cukup. Anda juga perlu menyikat gigi dengan benar. Menyikat gigi dengan benar dapat membuat gigi lebih bersih, mencegah risiko terjadinya penyakit gusi, menghilangkan bau mulut, dan mencegah kerusakan gigi. Pastikan Anda menyikat gigi 2 kali sehari selama 2 menit agar gigi tersikat dengan rata dan mencegah terbentuknya karang gigi.

3. Hindari Makanan yang Memicu Karang Gigi

Selain membersihkan gigi, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan yang menyebabkan karang gigi, seperti makanan yang tinggi gula, permen, cokelat, minuman bersoda, dan alkohol. Ketiga jenis makanan tersebut dapat memicu bakteri yang berkembang biak jika tidak dibersihkan dengan benar. Ketika bakteri bertemu dengan ketiga jenis makanan tersebut, maka akan menghasilkan zat asam yang memicu karang gigi.

4. Hindari Merokok

Selain memicu berbagai penyakit, zat-zat yang terkandung dalam rokok ternyata dapat memicu karang gigi. Zat-zat tersebut dapat menghambat proses penyembuhan jaringan-jaringan gusi yang bisa mengakibatkan iritasi dan komplikasi. Tidak hanya itu, kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko infeksi gigi yang disebabkan oleh perkembangbiakan bakteri.

5. Menggunakan Kulit Jeruk

Selain kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh, jeruk ternyata menyimpan khasiat yang luar biasa dalam kulitnya. Kandungan asam yang terdapat pada kulit jeruk efektif untuk mengatasi karang gigi dan membunuh beberapa jenis bakteri dalam mulut. Selain itu, kulit jeruk juga memiliki bau segar yang dapat mengatasi bau mulut. Caranya, sediakan kulit jeruk, gosok bagian dalam kulit jeruk secara perlahan pada gigi yang terdapat karang gigi, lakukan cara ini sesudah makan dan sebelum menyikat gigi.

Dari 5 cara menghilangkan karang gigi di atas, cara apa yang paling mudah untuk Anda dan keluarga lakukan di rumah? Yuk, share di kolom komentar.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout