Blog

cara menghilangkan bekas jerawat

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Noda bekas jerawat yang berwarna merah atau hitam dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa Anda lakukan. 

Ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami. Selain bisa dilakukan di rumah, bahan alami juga mudah untuk didapat dan minim efek samping yang membahayakan.

Berikut 5 bahan alami yang bisa Anda gunakan:

1. Jus Lemon

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jus lemon berfungsi untuk memudarkan noda bekas jerawat di wajah secara efektif. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif atau kering, sebaiknya tidak menggunakan jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat, karena dapat berisiko terkena iritasi kulit. Meski efektivitas jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat masih perlu diteliti lebih lanjut, namun tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan ini.


2. Baking Soda

Baking soda berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati, sehingga dapat membantu mengurangi noda bekas jerawat. Caranya, campur dua sendok baking soda dan air hingga berubah menjadi pasta, aplikasikan ke wajah sambil pijat dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih. Agar hasilnya lebih efektif, segera aplikasikan pelembap wajah setelah Anda melakukan perawatan dengan baking soda agar kulit tidak kering. Selain itu, jangan lakukan perawatan ini lebih dari dua kali dalam seminggu.

3. Daun Mint 

Daun mint memiliki efek kesegaran yang mampu menghambat produksi minyak. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang tinggi pada daun mint. Vitamin A berfungsi untuk menghilangkan noda bekas jerawat, dengan cara mengendalikan produksi minyak dan menjaga kulit tetap lembut. Caranya, haluskan daun mint dan saring untuk mendapatkan sari-sarinya, aplikasikan ke bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat, diamkan hingga mengering, bilas hingga bersih dengan air dingin.

4. Kentang 

Selain lezat untuk dikonsumsi, kentang ternyata ampuh sebagai penghilang noda bekas jerawat. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dalam kentang berkhasiat untuk memudarkan noda bekas jerawat. Caranya, potong kentang tipis-tipis, tempelkan ke permukaan wajah, terutama bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat, diamkan selama 15-3- menit, bilas hingga bersih dengan air hangat.

5. Madu

Madu juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Selain dapat menghilangkan bekas jerawat secara alami, madu juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka. Anda bisa memanfaatkan madu sebagai masker. Caranya, bersihkan dan bilas wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori wajah terbuka. Setelah itu, aplikasikan masker madu ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan air hangat kembali, lalu bilas kembali dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali tertutup.

Itulah 5 cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Agar lebih efektif, lakukan secara rutin. Namun, jika noda bekas jerawat belum juga hilang, Anda bisa melakukan perawatan secara medis, seperti laser pada wajah, salep penghilang bekas jerawat, dan chemical peeling. Namun, sebelum melakukan perawatan tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit mengenai jenis perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout