Blog

Cara Menggemukkan Badan

5 Cara Menggemukkan Badan: Mudah dan Aman untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa tubuh yang kurus atau kekurangan berat badan sama berbahanya dengan kelebihan berat badan. Tubuh yang terlalu kurus rentan akan beberapa gangguan kesehatan, seperti daya tahan tubuh lemah, anemia, serta masalah kesuburan. Ada beberapa cara menggemukkan badan yang bisa Anda lakukan.

Meningkatkan berat badan secara alami adalah pilihan tepat untuk menjaga kesehatan dan memiliki berat badan ideal. Selain lebih aman untuk kesehatan, cara ini juga berdampak pada gaya hidup sehat yang lebih baik. Berikut 5 di antaranya.

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Menambah berat badan secara alami lebih aman untuk kesehatan jika dibandingkan dengan cara-cara instan yang mungkin berbahaya bagi kesehatan. Berikut 5 cara alami untuk meningkatkan berat badan yang bisa Anda terapkan:

  1. Makan Lebih Sering

Cara ini mudah dan efektif jika diterapkan secara konsisten. Dengan lebih banyak mengonsumsi makanan, Anda bisa menambah asupan kalori dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan. Jika Anda tidak mampu mengonsumsi makanan dalam porsi banyak dalam satu waktu, sebaiknya mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih sedikit, namun lebih sering. Misalnya, makan hingga 5-6 kali dalam satu hari, namun dengan porsi sedikit.

  1. Selektif Memilih Makanan

Salah satu cara untuk meningkatkan berat badan adalah memperbanyak konsumsi jenis makanan yang mendukung penambahan berat badan. Beberapa nutrisi tersebut, di antaranya karbohidrat kompleks, lemak, protein, serta beragam vitamin dan mineral. Karbohidrat kompleks dan lemak berfungsi untuk menambah jaringan lemak dan memenuhi asupan energi. Sedangkan protein efektif untuk meningkatkan massa otot dan menambah berat badan. Protein dan lemak terdapat pada ikan, daging, telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Sedangkan vitamin dan mineral terdapat pada gandum utuh atau sereal gandum, roti gandum, nasi merah, serta buah dan sayuran.

  1. Mengonsumsi Lemak Baik

Ada beberapa nutrisi yang bisa Anda konsumsi untuk menambah berat badan secara alami, yaitu lemak sehat atau lemak tak jenuh, seperti omega-3 dan omega-6. Lemak sehat tinggi kalori dan tidak menyebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah atau aterosklerosis, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya, telur, ikan, alpukat, serta kacang-kacangan.

  1. Memperbanyak Minum Susu

Susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, kaya akan kalori, protein, dan lemak, yang mampu menambah berat badan. Tidak hanya itu, susu juga tinggi kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Untuk meningkatkan berat badan secara efektif, sebaiknya minum susu (sapi murni atau penggemuk badan) sebanyak 1 atau 2 gelas per hari.

  1. Cukup Istirahat

Memiliki waktu tidur yang cukup setiap malam dapat membantu Anda meningkatkan berat badan sekaligus menjaganya tetap ideal. Tidur yang cukup berfungsi untuk mempercepat proses pembentukan jaringan tubuh. Untuk memiliki waktu istirahat yang cukup, orang dewasa perlu tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam.

Cara menggemukkan badan secara alami memang tidak instan. Diperlukan waktu dan usaha yang konsisten untuk memiliki berat badan ideal. Jika cara-cara di atas telah Anda lakukan, namun belum membuahkan hasil, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, seperti penerapan pola makan sehat atau meresepkan obat atau suplemen untuk menggemukkan badan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout