Blog

stimulasi bayi 3 bulan

5 Cara Mendukung Stimulasi Bayi 3 Bulan

Tumbuh kembang bayi 3 bulan ditandai dengan kemampuan motorik yang semakin baik. Antara lain, kemampuan mengenali wajah orang-orang di sekitarnya, mulai dari berguling, mengangkat kepala, hingga membedakan warna. Oleh karena itu, diperlukan stimulasi bayi 3 bulan untuk mendukung perkembangannya.

Salah satu stimulasi bayi 3 bulan yang disarankan adalah mengajak si kecil bermain untuk membantu perkembangan penting bayi, baik secara mental maupun fisik. Agar perkembangannya semakin optimal, Anda perlu memberikan beberapa stimulasi yang tepat untuk bayi berusia 3 bulan. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya.

1. Tummy time

Tummy time merupakan salah satu stimulasi bayi 3 bulan yang penting. Hal ini dikarenakan tummy time bertujuan untuk mengembangkan tubuh bayi yang kuat untuk bergerak, termasuk kontrol kepala dan badan. Anda bisa mulai melakukan stimulasi ini menjelang pergantian usia bayi dari 2 bulan menuju 3 bulan. Caranya, mulailah meletakkan bayi di dada atau pangkuan Anda, kemudian lanjutkan dengan meletakannya dalam posisi tengkurap beralaskan selimut atau langsung di lantai.

Perlu diingat, tummy time bukanlah stimulasi yang disukai bayi. Oleh karena itu, jika bayi mulai rewel, sebaiknya akhiri stimulasi ini. Selain itu, Anda tidak boleh membiarkan bayi tertidur saat melakukan tummy time atau masih dalam posisi tengkurap. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

2. Menunjukkan ekspresi wajah yang berbeda-beda

Salah satu perkembangan bayi berusia 3 bulan adalah kemampuan untuk mengenali wajah dan membedakan ekspresi wajah yang dilihatnya. Oleh karena itu, stimulasi yang tepat adalah dengan lebih sering tersenyum dan menunjukkan ekspresi wajah yang berbeda-beda saat bayi melihat Anda. Misalnya, saat Anda tersenyum, bayi akan melepaskan bahan kimia alami di tubuhnya yang membuat bayi merasa nyaman, aman, dan senang. Selain memperkuat ikatan Anda dan si kecil, stimulasi ini juga dapat membantu perkembangan motoriknya secara optimal.

3. Berbicara pada bayi

Stimulasi bayi 3 bulan yang penting berikutnya adalah sering berbicara atau menyanyi di depan bayi. Saat bayi mendengarkan Anda berbicara atau menyanyi, ia akan mulai mempelajari tahap-tahap dasar perkembangan bahasa. Anda bisa berbicara dengan bayi tentang apa saja, misalnya membacakan buku cerita, bernyanyi, menyebutkan anggota tubuh bayi sambil menyentuhnya, atau bahkan menceritakan apa yang Anda lakukan selama seharian.

4. Pijat bayi

Memijat bayi dengan lembut juga merupakan salah satu stimulasi bayi 3 bulan yang penting. Selain membantu perkembangan motoriknya, pijat bayi juga dapat menenangkan bayi jika sedang rewel, sehingga dapat membangun ikatan yang kuat dengan Anda. Cobalah untuk melakukan stimulasi ini di ruangan yang hangat setelah bayi mandi. Selain itu, pijat bayi juga dapat membantu bayi untuk lebih mengenal tubuhnya dan mengetahui bagaimana anggota tubuhnya bergerak melalui sentuhan yang Anda berikan. Sentuhan dan penekanan lembut sangat penting untuk mendukung bayi belajar menenangkan dirinya sendiri.

5. Perkenalkan tekstur benda di sekitarnya

Pada usia 3 bulan, bayi mulai belajar lebih banyak tentang lingkungan di sekitarnya. Anda bisa menstimulasi bayi dengan membiarkannya menyentuh permukaan benda-benda di sekitarnya, mencium aroma atau bau, dan melihat pemandangan. Selain itu, untuk membantu kemampuan motorik dan bahasanya, Anda juga bisa meletakkan benda-benda bertekstur kasar atau lembut, bersuhu dingin atau hangat, ke tangan bayi dan jelaskan padanya apa yang dirasakannya saat menyentuh benda-benda tersebut.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout