Blog

vitamin c untuk ibu hamil

4 Manfaat Vitamin C Untuk Ibu Hamil dan Janin

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Ibu hamil bisa memenuhi asupan vitamin C harian melalui makanan, seperti sayur, buah, dan beberapa makanan lainnya. Selain itu, vitamin C juga bisa didapatkan melalui suplemen. Apa manfaat vitamin C untuk ibu hamil?

Ada beragam vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung perkembangan janin. Salah satunya adalah vitamin C. Apa saja manfaat vitamin C untuk ibu hamil dan janin, serta berapa jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan? Simak penjelasan berikut.

Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil

Vitamin C berperan penting dalam mendukung kesehatan ibu dan membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel tubuh, membantu penyerapan zat besi, mengurangi risiko terjadinya preeklampsia, serta menurunkan risiko diabetes gestasional. Berikut beberapa manfaat vitamin C untuk ibu hamil:

1. Mendukung perkembangan janin

Manfaat vitamin C untuk ibu hamil juga bisa didapatkan oleh janin. Dikutip dari jurnal Public Library of Science, ibu hamil yang kekurangan vitamin C dapat menghambat perkembangan otak janin. Bagian otak yang terhambat adalah hippocampus, yaitu bagian otak besar yang berperan dalam menyimpan memori, sehingga dapat menyebabkan anak lahir dengan masalah daya ingat yang mengakibatkan sulit belajar dan bersosialisasi.

2. Mengurangi risiko diabetes gestasional

Dikutip dari jurnal Clinical Nutrition, mengonsumsi vitamin C secara rutin saat hamil dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah salah satu komplikasi yang bisa terjadi selama kehamilan, karena tingginya kadar gula darah saat hamil.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat hamil, kekebalan tubuh ibu hamil cenderung menurun, sehingga bisa lebih berisiko terkena berbagai penyakit, termasuk infeksi selama kehamilan. Kandungan antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh ibu hamil lebih sehat, sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

4. Menjaga kesehatan kulit

Perubahan hormon yang terjadi pada kehamilan berdampak pada perubahan pada kulit, seperti bintik hitam, jerawat, atau melasma. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi vitamin C secara rutin untuk menjaga kulit tetap sehat. Hal ini dikarenakan sifat antioksidan dalam vitamin C dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan.

Jumlah Asupan Vitamin C untuk Ibu Hamil

Sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan, ibu hamil membutuhkan vitamin C sebanyak 85 miligram per harinya. Sumber alami vitamin C yang bisa dikonsumsi ibu hamil, antara lain buah-buahan, seperti kiwi, jeruk, jambu biji, stroberi, mangga, tomat, atau sayuran, seperti brokoli, bayam, kembang kol, dan paprika. Namun, untuk mendapatkan manfaat vitamin C secara optimal, pastikan ibu hamil tidak mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi vitamin C berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, batu ginjal, dan kram perut. Jika asupan vitamin C dari sumber alami tidak cukup, ibu hamil dapat melengkapinya dengan suplemen vitamin C. Agar sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan tidak menimbulkan efek samping, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout