Blog

manfaat asam folat

4 Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang penting selama kehamilan. Manfaat asam folat untuk ibu hamil, antara lain berperan penting dalam pembentukan sel otak bayi. Ketahui manfaat asam folat untuk ibu hamil lainnya.

Ibu hamil perlu memenuhi asupan asam folat sebanyak 400 mcg per hari. Ketika usia kehamilan memasuki 5 bulan, jumlahnya meningkat, yaitu 600 mcg per hari. Apa manfaat asam folat untuk ibu hamil dan apa saja sumber alami asam folat? Berikut penjelasannya.

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Ada beberapa manfaat asam folat yang penting selama kehamilan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mencegah cacat tabung saraf

Asupan asam folat yang cukup dapat menghindarkan bayi dari risiko terkena cacat tabung saraf, seperti anensefali dan spina bifida. Anensefali adalah kondisi di mana bayi dilahirkan tanpa otak dan tulang tengkorak. Bayi yang menderita anensefali umumnya akan meninggal setelah melahirkan. Sedangkan, spina bifida adalah kelainan yang membuat bayi memiliki celah pada tulang belakang dan saraf tulang belakang. Bayi yang mengalami kondisi ini akan berisiko mengalami berbagai komplikasi, seperi masalah tumbuh kembang, kesulitan berjalan, hingga kecacatan permanen.

2. Mencegah keguguran

Manfaat asam folat lainnya adalah dapat mencegah terjadinya keguguran. Keguguran merupakan hilangnya kehamilan atau kematian janin saat usia kehamilan tergolong muda, yaitu kurang dari 20 minggu. Selain keguguran, asam folat juga diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa gangguan kehamilan lain, seperti kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

3. Menurunkan risiko preeklampsia

Asam folat juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya preeklampsia. Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan kadar protein dalam urine, dan bengkak-bengkak. Preeklampsia akan meningkatkan risiko ibu hamil mengalami eklamsia atau kejang yang berbahaya saat hamil. Kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kurang.

4. Mencegah anemia

Anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang umum dialami ibu hamil. Anemia saat hamil dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang berisiko mengancam nyawa ibu dan bayi. Oleh karena itu, pastikan asupan asam folat dan zat besi tercukupi selama kehamilan.

Sumber Alami Asam Folat

Untuk memenuhi asupan asam folat, ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat berikut:

  1. Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau adalah salah satu cara efektif untuk memenuhi asupan asam folat harian. Beberapa sayuran hijau yang tinggi akan asam folat, antara lain brokoli, bayam, asparagus, lobak, selada, dan kucai.

  1. Buah-buahan

Makanan yang mengandung asam folat berikutnya adalah buah-buahan. Beberapa buah-buahan yang tinggi asam folat, antara lain keluarga sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Selain itu, buah-buahan yang juga tinggi asam folat adalah alpukat, buah bit, pisang, pepaya, serta melon jingga.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk makanan yang tinggi asam folat. Selain dikonsumsi sebagai sumber asam folat, kacang-kacangan juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya akan asam folat, antara lain kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang walnut, dan kacang tolo. Kacang-kacangan, terutama kacang merah, juga baik dikonsumsi selama kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout