Blog

4 Cara Menghilangkan Mata Sembap: Kompres Dingin Hingga Tidur yang Cukup. Simak artikel tentang cara menghilangkan mata sembap di sini

4 Cara Menghilangkan Mata Sembap: Kompres Dingin Hingga Tidur yang Cukup

Ketika menangis, mata biasanya akan terlihat sembap. Mata sembap terkadang bisa menggangu penampilan, bahkan menurunkan percaya diri. Untuk mencegah hal ini, ada beberapa cara menghilangkan mata sembap yang efektif untuk Anda lakukan.

Saat seseorang menangis, cairan berkumpul di jaringan sekitar mata dan kelopak mata. Oleh karena itu, menangis terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi bengkak. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara menghilangkan mata sembap.

Penyebab Mata Sembap

Selain menangis, mata sembap juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor pemicu berikut:

1. Alergi

Kontak antara mata dengan alergen (zat pemicu alergi) bisa menyebabkan mata sembap. Alergen bisa berupa polusi atau asap, debu, serta bulu hewan. Reaksi alergi ini memicu tubuh untuk melepaskan histamin yang menyebabkan mata sembap. 

2. Kurang tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan kulit menjadi pucat dan kusam. Hal ini memungkinkan jaringan menjadi gelap dan pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih terlihat. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata, sehingga membuat mata sembap. Umumnya, kurang tidur juga menimbulkan kantung mata dan area bawah mata menjadi gelap.

Cara Menghilangkan Mata Sembap 

Untuk menghilangkan mata sembap setelah menangis, berikut beberapa cara mudah dan efektif yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan kompres dingin

Mengompres dingin area sekitar mata bisa menghilangkan mata sembap dengan efektif. Kompres dingin bertujuan untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi. Caranya, gunakan waslap atau handuk kecil yang telah dibasahi dengan air dingin, kemudian letakkan waslap dingin tersebut di bagian sekitar mata yang bengkak selama beberapa menit. Umumnya, mata sembap akan mereda setelah beberapa saat diberi kompres dingin.

2. Kompres dengan kantung teh

Kompres kantung teh juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata sembap. Caranya, cukup basahkan dua kantung teh, kemudian dinginkan di dalam lemari pendingin selama 15-20 menit. Setelah dingin, ambil kantung teh tersebut dan letakkan di area mata selama 30 menit. Kandungan kafein di dalam teh, terutama teh hitam, dan suhu dingin dari kantung teh dapat membantu meringankan pembengkakan yang menyebabkan mata sembap.

3. Gunakan irisan mentimun

Saat menggunakan masker wajah, biasanya irisan mentimun dingin sering digunakan untuk menutup area mata. Irisan mentimun ini bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mata sembap setelah menangis dan meredakan pembengkakan pada mata. Caranya, potonglah mentimun menjadi beberapa irisan, lalu letakkan di area mata selama beberapa menit. 

4. Tidur yang cukup

Ketika seseorang mengalami stres atau tekanan emosional yang berat, tidak jarang bisa menangis semalaman dan menjadi sulit tidur. Untuk mencegah mata sembap, pastikan Anda tidur yang cukup. Orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 7-9 jam setiap malamnya. Saat tidur, coba tinggikan kepala sedikit untuk membantu mengurangi pembengkakan pada mata.

Mata sembap setelah menangis umumnya bisa hilang dalam waktu 1-2 hari. Namun, jika Anda mengalami mata sembap sampai menimbulkan rasa nyeri di mata, mata terasa silau, pandangan menjadi kabur, atau bahkan gangguan penglihatan, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout